Minggu, 01 Januari 2017

TEORI SENI

Teori seni merupakan gabungan antara dua suku kata, yaitu terdiri dari teori & seni. Agar kita dapat memahami definisi teori seni, maka kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu teori dan apa itu seni. Berikut bebearapa pengertian Teori menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, teori adalah:

  • pendapat yg didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi.
  • penyelidikan eksperimental yg mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi.
  • asas dan hukum umum yg menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan.
  • pendapat, cara, dan aturan untuk melakukan sesuatu.p
  • endapat yg dikemukakan sebagai  keterangan mengenai suatu peristiwa.

Dari beberapa defini di atas yang dikutip dari kamus besar bahasa indonesia (KBBI) online, dapat di simpulkan bahwa TEORI adalah pendapat yang terlahir dari pola fikir akal manusia terhadap sesuatu yang telah melewati proses penelitian & uji coba sehingga mampu menghasilkan fakta yang bisa di terima oleh akal.
Sedangkan pengertian SENI  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, pengertian seni terbagi menjadi tiga :
  • Seni diartikan halus, kecil dan halus, tipis, lembut dan enak didengar, mungil dan elok.
  • Keahlian membuat karya bermutu (dilihat dari segi keindahan dan kehalusannya)
  • kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi.

Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara, seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehinga dapat menggerakkan jiwanya.
Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa seni adalah sesuatu yang indah, hasil ungkapan perasaan seseorang yang dilahirkan melalui sebuah karya seni, dan dapat dinikmati keindahannya.

Jadi, Teori Seni yang dapat di simpulkan dari beberapa sumber di atas adalah: Pendapat terhadap suatu keindahan melalui proses penelitian dan uji coba lapangan sehingga dapat mengarahkan dan mempermudah dalam menciptakan suatu karya seni berdasarkan prinsip ilmunya.

Dan kaitan ilmu filsafat terhadap seni memiliki hubungan yang erat, karena estetika (keindahan) dalam seni merupakan bagian dari filsafat. Agar seni dapat selalu berkembang secara dinamis namun tidak bergeser dari akar filsafat seni yaitu keindahan, hendak'lah para pelaku seni berupaya untuk selalu menciptakan sebuah karya seni tidak lepas dari akar filsafat seni itu sendiri yaitu estetika. Dengan menciptakan suatu karya demi keindahan maka secara otomatis karya-kaya seni yang dihasilkan, akan selalu tercipta secara estetis, bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design